Cara mudah Membedakan Charger Asli dan Palsu

Cara mudah Membedakan Charger Asli dan Palsu

Charger adalah salah satu bagian penting dari ponsel yang sering Anda bawa ke mana-mana. Meski saat ini Anda dipermudah dengan adanya power bank jika tiba-tiba kehabisan daya baterai saat bepergian jauh namun keberadaan charger tidak bisa dipungkiri sangat penting. Namun, terkadang charger original atau bawaan dari ponsel Anda bisa saja rusak karena berbagai alasan atau perawatan charger yang tidak sesuai.

Anda tentu harus  membeli charger yang baru namun sudahkah Anda mengetahui tips membedakan charger asli palsu? Anda sudah mengeluarkan uang cukup mahal setara dengan charger asli namun ternyata KW atau imitasi tentu akan merugikan, bukan? Sebaiknya Anda mengetahui dulu tips membedakan chargher asli palsu berikut ini.

5 Tips Membedakan Charger Asli dan Palsu

  1. Sebaiknya anda membawa adapter charger asli saat membeli charger
    Samakan semua angka yang ada di charger dengan adapater yang Anda bawa, desain, struktur hingga bagian port USB  pun memiiki kesamaan dan pastikan tidak ada perbedaan yang cukup mencolok sebab charger asli umumnya lebih ramping dan tidak memiliki banyak detail. Cara ini adalah tips membedakan charger asli palsu yang paling efektif.

  2. Gunakan Aplikasi Ampere
    Aplikasi ini berfungsi menghitung berapa besar daya yang masuk ke da;am smartphone saat terjadi pengisian. Jika hasilnya sama dengan yang tertera di kepala adapter charger, maka bisa dipastikan bahwa charger yang Anda beli adalah asli. Jika saat Anda melakukan pengisian ulang, tegangan dan arus yang masuk ke dalam ponsel berbeda dengan yang tertera di kepala adapter charger maka Anda patut curiga bahwa charger yang Anda beli adalah palsu.

  3. Lihatlah Kabel USB
    Lihat dulu panjang dan tebal colokan USB tersebut dan biasanya kabel USB bisa pula untuk mentransfer data. Apabila transfer data kurang maksimal maka bisa jadi charger yang Anda beli palsu.

  4. Pilih toko resmi
    Hal ini tentu penting jika Anda membeli kebutuhan charger di toko online yang dianggap lebih mudah dan bisa menghemat tenaga serta waktu. Sebaiknya Anda benar-benar memilih toko online yang benar-benar resmi dan terpercaya.

  5. Perhatikan harga charger yang ditawarkan
    Tips membedakan charger asli palsu yang paling mudah adalah melihat bandrol harganya. Biasanya charger palsu dipatok dengan harga yang murah agar menarik minat para pembeli. Sebaiknya Anda benar-benar waspada dan teliti atau tidak mudah tergoda dengan harga murah yang akan membuat ponsel Anda cepat rusak karena charger yang digunakan palsu.
5 tips membedakan charger asli palsu tersebut bisa Anda jadikan bahan acuan saat hendak membeli charger agar bisa mendapatkan yang benar-benar asli dan berkualitas bukan yang palsu atau abal-abal.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment