Mengenal Operating System Baru, Operating System Chrome

Operating System Baru, Operating System Chrome

Google mengumumkan sistem operasi Chrome pada bulan Juli 2009. Mereka menciptakan sistem ini bersamaan dengan sistem operasi Android. Perangkat mulai keluar pada tahun 2011 dan masih tersedia di toko hari ini. OS ini memang belum sepopuler Android, tapi seiring berkembangnya teknologi komputer dan informasi, OS ini semakin dilirik. Jika Anda adalah pengguna internet aktif, maka bisa jadi OS ini sangat tepat untuk Anda. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Chrome OS bukan untuk Tablet atau Smartphone

Sekilas nama OS ini seperti browser Chrome, tetapi yakinlah keduanya berbeda. Saat ini, sistem operasi Chrome akhirnya memang bisa bersaing dengan Windows 7 dan Mac OS. Namun, Google tidak menganggap Chrome OS sebagai sistem operasi teknologi komputer untuk tablet atau smartphone. Android adalah sistem operasi tablet dan smartphone Google karena dibangun di seputar antarmuka layar sentuh, sementara Chrome OS masih menggunakan keyboard dan mouse atau touchpad.

Sebagai contoh, Google telah meluncurkan program percontohan menggunakan versi beta Chrome yang terpasang di netbook bernama Cr-48. Pihak pengembang, pendidik, dan pengguna lainnya dapat mendaftar diri untuk program percontohan, dan sejumlah dari mereka dikirimi Cr-48 untuk diuji. Netbook ini hadir dengan sejumlah kecil akses data 3G gratis dari Verizon Wireless.

Google mengakhiri program percontohan Cr-48 pada bulan Maret 2011, namun Cr-48 asli masih merupakan item yang didambakan. Nah, Google telah bekerja sama dengan produsen terkenal, seperti Acer, Adobe, ASUS, Freescale, Hewlett-Packard, Lenovo, Qualcomm, Texas Instruments, dan Toshiba sehingga bagi Anda yang memiliki laptop dengan merek tersebut, dapat dengan mudah mencoba menginstall Chrome OS.

Chrome OS dan Android

Meski Android bisa berjalan di netbook, Chrome OS sedang dikembangkan sebagai proyek yang terpisah. Android dirancang untuk menjalankan ponsel dan sistem telepon dengan teknologi informasi yang terbaru. Android tidak benar-benar dirancang untuk digunakan pada komputer. Chrome OS dirancang untuk komputer dan bukan ponsel.

Untuk lebih jelas tentang perbedaan ini, ada rumor bahwa Chrome memang ditakdirkan untuk menjadi OS tablet. Penjualan netbook yang terbengkalai karena laptop memiliki ukuran yang besar dan harganya menjadi lebih murah serta komputer tablet seperti iPad menjadi lebih populer membuat Chrome tidak digunakan pada laptop. Namun, popularitas iPads telah menurun di sekolah-sekolah Amerika sementara Chromebook semakin popularitas.

Nah, untuk pastinya sekarang Chrome OS benar-benar dirancang sebagai sistem operasi untuk komputer yang hanya digunakan untuk koneksi ke Internet. Teknisnya, daripada Anda harus men-download dan menginstal program, Anda hanya perlu menjalankannya di browser Web Anda dan menyimpannya di Internet. Ini adalah penggabungan teknologi informasi dan komputer yang mengesankan. Dan agar hal tersebut terjadi, OS harus boot dengan sangat cepat, dan browser Web harus sangat cepat. Chrome OS membuat keduanya hal tersebut terjadi.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment