Cara Amankan File Smartphone Dari Hacker dan Virus

Cara Amankan File Smartphone Dari Hacker dan Virus

Sebagian besar orang khawatir dengan keamanan di smartphone Android. Karena sekarang penyerang menargetkan smartphone dengan kecanggihan teknologi komputer dan informasi yang mereka kuasai. Padahal Anda tahu jika semua data pribadi Anda seperti foto, file, video, password dan lainnya tersimpan di smartphone. Menggunakan anti-virus mungkin bisa membantu, tetapi aplikasi tersebut dapat menggunakan sebagian RAM di smartphone Anda.

Cara Amankan Data Smartphone

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengamankan file-file penting di smartphone dari serangan hacker ataupun virus. Tetapi disini kami akan memberikan beberapa tips dan cara untuk mengamankan data yang ada di smartphone anda

  1. Aplikasi Keamanan Antivirus
    Karena semakin majunya teknologi komputer dan juga informasi, sistem keamanan antivirus semakin ditingkatkan. Aplikasi antivirus juga bagus untuk mencegah malware, threat, dan virus di smartphone Anda. Beberapa aplikasi antivirus juga menyediakan lebih banyak fitur untuk mengamankan smartphone Android Anda (seperti mengunci aplikasi satu per satu, membersihkan file sampah). Walau memakan RAM, aplikasi ini penting.

  2. Jangan Install Aplikasi dari "Unknown Source"
    Bagaimana cara mengamankan smartphone Android dari hacker? Selalu pasang aplikasi dari Google play Store. Jika Anda menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, aplikasi ini mungkin berisi malware dan spyware. Pastikan selalu kolom Unknown Source di smartphone Anda selalu dalam keadaan tercentang.

  3. Kunci Aplikasi Penting
    Anda juga dapat mengunduh aplikasi kunci (lock application) dari Google Play Store untuk mengunci aplikasi satu per satu. Ada beberapa aplikasi antivirus yang juga menyediakan fitur ini. Dengan ini, Anda bisa menambahkan lapisan perlindungan ekstra ke ponsel Android Anda. Sehingga aplikasi seperti WhatsApp, Internet Banking, Facebook dan lainnya bisa dikunci satu persatu.

  4. Aktifkan Android Device Manager
    Teknologi informasi yang dibuat Google memang mengesankan. Dengan Android Device Manager, Anda dapat temukan, hapus, dan kunci smartphone Anda dari jarak jauh dengan akun Google Anda. Alat Pengelola Perangkat Android ini terpasang di setiap smartphone Android atau temukan di Play Store.

  5. Jangan Root Smartphone Anda
    Saat Anda melakukan root terhadap smartphone Android Anda, maka ia kehilangan keamanan dan kerahasiaannya. Jadi, hindari me-root smartphone Anda. Jika Anda memiliki lebih dari satu smartphone, maka root-lah smartphone Anda dimana gambar dan data pribadi Anda tidak tersimpan di situ.

Tentunya, selain dari yang telah disebutkan di atas, akan selalu ada berbagai macam tips untuk mengamankan smartphone Anda dari orang yang tidak bertanggungjawab di dalam menggunakan teknologi informasi. Jadi, sebaiknya selalu berhati-hati dan jagalah kerahasiaan smartphone Anda. Ingat, jangan sekali-kali melakukan root terhadap smartphone yang berisi data pribadi Anda karena hal tersebut berbahaya.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment