Solusi Charger Tablet Tidak Masuk

Solusi Charger Tablet Tidak Masuk

Jika baterai Anda tidak terisi dengan benar, jangan langsung asumsikan charger ponsel atau baterai rusak. Berdasarkan berbagai informasi, mungkin solusinya jauh lebih sederhana dari perkiraan Anda. Sebenarnya, teknologi komputer pada tablet maupun sistem di Smartphone sudah didesain sebaik mungkin. Akan tetapi tidak lantas tidak ada masalah di dalam pengisian baterai. Banyak kasus tentang masalah charging ini.

Tips Selesaikan Masalah Charging Tablet

Jika Anda melihat smartphone atau tablet tidak terisi penuh atau tidak mengisi padahal sudah dalam posisi charging, lakukan langkah berikut

  1. Perbaiki Port USB Charger
    Solusi tercepat, termudah, dan sering paling sukses, adalah dengan melakukan sedikit perbaikan pada perangkat keras Anda yang sebenarnya. Masalahnya adalah sering bahwa permukaan logam di dalam port USB dan pengisi microUSB tidak membuat kontak yang baik, baik karena cacat manufaktur atau karena terus-menerus dimasukkan dan dicabut terlalu sering.

    Yang perlu Anda lakukan adalah mematikan perangkat Anda, keluarkan baterai jika memungkinkan dan gunakan yang kecil, seperti tusuk gigi, untuk 'mengangkat' tab kecil di dalam port USB pada ponsel cerdas atau tablet Anda. Lakukan dengan sangat hati-hati dan lembut, lalu masukkan kembali baterai Anda dan pasang kembali.

  2. Bersihkan ponsel dari serat, permen dan debu
    Melalui teknologi informasi Anda dapat menemukan beragam masalah ponsel yang bahkan mungkin sebelumnya Anda tidak tahu seperti masalah pengisian baterai karena port USB kotor. Nah, apakah Anda menyimpan ponsel Anda di saku celana jins Anda? Jika demikian, serat bisa menjadi pelakunya. Cukup banyak tentang alasan pengisian USB yang tidak dapat bekerja ternyata karena adanya serat dari kantong Levis kami. Terkadang port USB tertutup permen, coklat, debu dan lain sebagainya.

  3. Ganti kabel
    Seringnya, masalah pengisian baterai bukan terletak pada port USB melainkan pada kabelnya. Kabel yang kecil dan tipis sering mengalami masalah karena terinjak, terjepit dan lain sebagainya. Cobalah cek kabel charger. Jika terdapat masalah, termasuk kabel sobek dan putus, maka gantilah kabel charger Anda. Lakukan dengan hati-hati.

  4. Masalah adaptor
    Jika kabel sepertinya tidak menjadi masalah, periksalah adaptor, terutama jika kabelnya salah satunya dapat dilepas. Adanya kemudahan akses teknologi informasi, Anda juga dapat mengetahui bagaimana mengecek adaptor yang masih bekerja dengan baik dengan yang tidak. Adaptor juga bisa mengalami masalah. Jika demikian, solusinya adalah dengan mengganti adaptor atau membeli charger yang baru.

    Ingat, jangan mengisi daya ponsel Anda di dekat air atau dalam kondisi terlalu panas atau lembab. Juga, jika Anda mengganti charger atau kabel, waspadalah membeli atau memperbaiki charger melalui pihak ketiga (bukan resmi) harus dilakukan secara hati-hati. Teknologi komputer dan sistem informasi di dalam smartphone dan tablet semakin canggih dan selalu mengalami update atau pembaharuan sehingga teknisi yang tidak resmi rentan melakukan kesalahan.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment