Solusi Ketika Ada Air di Bawah Layar Smartphone

Solusi Ketika Ada Air di Bawah Layar Smartphone

Saat ini, segala aktifitas kita tentu membutuhkan kecanggihan teknologi untuk membantu kita. Salah satunya adalah teknologi informasi berupa Smartphone. Terkadang, secara tidak sengaja ponsel kita jatuh ke air dan setelah diambil ada sisa air yang terjebak di bawah layar. Bisa juga ada kelembaban yang dapat dilihat dengan jelas atau juga bekas air yang sudah kering tetapi bekasnya tidak mau hilang.

Langkah Hilangkan Air di Bawah Layar Smartphone

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk menghilangkan air yang berada di bawah layar smartphone Anda. Simak ulasan berikut ini
  1. Cabut Baterai
    Jika ada tanda atau indikasi kelembaban di dalam ponsel Anda maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jangan gunakan ponsel Anda. Jika memungkinkan keluarkan baterai. Jika ponsel Anda dirancang dengan baterai yang tidak dapat dilepas maka matikan telepon. Lakukan ini secepat mungkin. Listrik dan kelembaban tidak menjadi pertanda baik satu sama lain dan ketika sampai pada ponsel Anda. Jika dibiarkan, ponsel bisa rusak.

  2. Lepaskan Semua Bagian Smartphone
    Teknologi komputer atau sistem yang ada di ponsel bisa rusak jika Anda tidak secepatnya melepas semua bagian. Ya, setelah mematikan ponsel, lepaskan semua bagian ponsel seperti pelat belakang, kartu SIM, kartu SD, dll. Bukalah semua area ini agar telepon sedikit bernafas dan untuk menemukan kemungkinan kelembaban di sekitar bagian ini. Jika salah satu dari bagian ini basah, keringkan dengan lap kering yang bersih.

  3. Keringkan Smartphone Anda
    Jika tampak bahwa kelembaban masih ada di dalam telepon maka Anda akan ingin mengeluarkan atau menghilangkan kelembaban itu secepat mungkin dengan menggunakan vakum, silica gel packs dan lampu meja dan atau jendela. Gunakan salah satunya hingga ponsel benar-benar kering.

Perlu diperhatikan juga, bagi anda yang ingin cara instan mengeringkan smartphone yang basah oleh air jangan menggunakan hair dryer. Jika anda menggunakan hairdryer maka panas yang ditimbulkan oleh hairdryer akan mengakibatkan air semakin masuk ke celah-celah kecil komponen smartphone. Bukannya kering malah akan semakin berair akibat uap panasnya.

Solusi lain yang membuat banyak pengguna smartphone takjub. Keringkan smartphone yang terkena air atau basah ke dalam beras. Jadi smartphone yang telah anda bongkar tadi masukkan ke dalam beras beberapa menit atau jam hingga kering. Beras dipercaya dan memang terbukti dapat mempercepat keringnya smarphone dan tidak lembab.

Menghilangkan Bekas Air

Menghilangkan Bekas Air dengan alkohol

Kecanggihan teknologi komputer ataupun teknologi modern yang berada di dalam ponsel, dapat dengan mudah rusak ketika terdapat air atau kelembaban di dalamnya. Nah, jika sudah melakukan hal tersebut di atas tetapi kemudian Anda masih melihat bekas air dikarenakan cairan akan meninggalkan deposit mineral atau tanda air atau noda maka Anda mungkin bisa membersihkan bekas tersebut dengan menggunakan alkohol dengan kadar 99% isopropyl.

Alkohol 99% isopropil tidak akan meninggalkan residu apa pun setelah sempat mengering dan merupakan pilihan tepat untuk digunakan karena alkohol 99% isopropil tidak hanya dapat membersihkan endapan mineral yang tertinggal di telepon tetapi juga sekaligus dapat membantu menyerap sisa-sisa kelembaban, tidak konduktif, dan mengering dengan sangat cepat.

Nah, di era yang canggih ini bukan berarti semua Smartphone didesain tahan terhadap air. Teknologi informasi yang Anda butuhkan bisa hilang seketika atau terganggu karena ponsel rusak yang disebabkan adanya air atau kelembaban yang terperangkap di dalamnya setelah ponsel terjatuh ke dalam air.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment