Teknologi Masa Depan, Smartphone Bekerja Tanpa Baterai

Smartphone Bekerja Tanpa Baterai

Bagaimana jika ada ponsel yang dapat digunakan tanpa harus menggunakan baterai? Terdengar cukup aneh memang tapi ketahuilah teknologi informasi saat ini sudah semakin mengesankan. Saat ini, dalam sebuah lompatan besar tentang perkembangan teknologi tentang pengisi daya, kabel dan telepon, para periset telah menemukan sebuah ponsel yang bekerja tanpa baterai. Mengesankan bukan?

Energi Diambil dari Perangkat Lain

Sebagai gantinya, telepon tersebut mengambil daya yang dibutuhkannya dari sinyal radio atau cahaya ambient. Sebagai contoh, tim peneliti tersebut membuat panggilan Skype dengan menggunakan telepon tanpa baterai, yang menunjukkan bahwa prototipe komponen komersial dan off-the-shelf dapat menerima dan mengirim ucapan dan berkomunikasi dengan stasiun pangkalan. Begitu menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Prosiding of the the Shelf.

Jika ini berhasil, tentu bukan tidak mungkin jika teknologi tersebut dapat mempengaruhi perkembangan teknologi komputer berikutnya seperti Laptop atau Tablet tanpa baterai. "Untuk mencapai konsumsi daya yang benar-benar rendah sehingga Anda perlu menjalankan telepon dengan menyerap energi dari lingkungan, kami harus memikirkan secara mendasar bagaimana perangkat ini dirancang," tambah Gollakota.

Para ahli dan peneliti menjelaskan bahwa ponsel bebas baterai ini memanfaatkan getaran kecil di mikrofon atau speaker telepon yang terjadi saat seseorang berbicara ke telepon atau mendengarkan panggilan. Antena yang terhubung ke komponen tersebut mengubah gerakan tersebut menjadi perubahan sinyal radio analog standar yang dipancarkan oleh stasiun induk seluler.

Proses ini pada dasarnya mengkodekan pola bicara dalam sinyal radio yang dipantulkan dengan cara yang hampir tidak menggunakan daya. Untuk mengirim ucapan, telepon menggunakan getaran dari mikrofon perangkat untuk menyandikan pola bicara pada sinyal yang dipantulkan. Untuk menerima ucapan, ia mengubah sinyal radio yang dikodekan menjadi getaran suara yang diangkat oleh speaker telepon.

Tim merancang stasiun pangkalan khusus untuk mengirim dan menerima sinyal radio. Pada perangkat prototipe, pengguna menekan tombol untuk beralih di antara kedua mode "transmisi" dan "pendengaran" ini. Dengan menggunakan komponen off-the-shelf di papan sirkuit cetak, tim tersebut menunjukkan bahwa prototipe tersebut dapat melakukan fungsi telepon dasar - mentransmisikan ucapan dan data dan menerima masukan pengguna melalui tombol.

Dengan menggunakan Skype, para periset dapat menerima panggilan masuk, menghubungi dan menempatkan penelepon yang ditangguhkan dengan telepon tanpa baterai, kata studi tersebut. Bukan tidak mungkin, nantinya meluas ke sistem perangkat yang lebih kompleks untuk meningkatkan teknologi komputer. "Ponsel adalah perangkat yang sangat kita andalkan sekarang. Jadi jika ada satu perangkat yang ingin Anda gunakan tanpa baterai, kenapa tidak juga ada laptop atau smartphone tanpa baterai?

"Bukti konsep yang kami kembangkan sangat menarik hari ini, dan kami pikir ini bisa berdampak pada perangkat sehari-hari di masa depan," Smith menambahkan. Ya, teknologi informasi dan komputer secara umum akan mengalami perkembangan yang sangat pesat ke depannya. Kita tentu berharap jika semua perangkat bisa bekerja tanpa harus ada baterai.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment