Tips Ampuh Hemat Daya Baterai Smartphone

Tips Ampuh Hemat Daya Baterai Smartphone

Saat ini, semua perusahaan ponsel pintar sudah melakukan hal yang terbaik pada produk-produk mereka. Kecanggihan teknologi komputer juga bisa dengan mudah didapatkan dari ponsel Anda. Akan tetapi, hal ini bukan berarti bahwa bateri ponsel Anda aman-aman saja karena jika Anda tidak tahu bagaimana menggunakannya, bateri ponsel Anda bisa habis sangat cepat sekali.

Tips Perpanjang Daya Baterai

Ada beberapa cara yang dapat membantu anda dalam menjaga daya baterai smartphone yang anda miliki. Dengan menerapkan tips yang akan kami bahas berikut semoga menjadi tips ampuh yang bisa menjaga daya baterai smartphone, simak ulasan berikut ini.
  1. Wallpaper hitam bisa menjaga daya
    Jika Anda memanfaatkan teknologi informasi lebih jauh lagi, maka Anda akan menemukan beberapa fakta menarik tentang hubungan antara warna wallpaper dan daya tahan baterai. Jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakan latar belakang berwarna gelap. Wallpaper hitam dapat meningkatkan masa pakai baterai karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Pixel hitam tidak menyala, jadi jika piksel hitam lebih banyak yang Anda miliki, atau piksel yang lebih gelap, semakin sedikit daya yang dibutuhkan untuk menyalakannya.

  2. Matikan kata kunci Google
    Hentikan telepon Anda agar selalu mendengarkan seperti dari aplikasi OK Google, Google voice, Google Search dan lainnya. Aplikasi tersebut memang fitur fantastis dan seringkali sangat fungsional. Masalahnya adalah bahwa mereka dapat mendatangkan malapetaka dengan baterai Anda terutama jika tidak menggunakan mereka.

  3. Jangan biarkan aplikasi Anda out of date
    Ada alasan pihak pengembang terus memperbarui aplikasi, dan sebagian besar adalah untuk pengoptimalan memori atau baterai. Menjaga agar aplikasi Anda tetap diperbarui juga berarti Anda memiliki pengoptimalan terbaik yang tersedia. Demikian juga, hapus aplikasi lama yang tidak lagi Anda gunakan, karena ini mungkin menjalankan proses latar belakang yang mengunyah RAM dan masa pakai baterai.

  4. Jangan gunakan kecerahan otomatis
    Jangan gunakan tampilan auto-brightness. Ini mungkin terdengar berguna, tapi kecerahan otomatis biasanya jauh lebih terang dari yang Anda butuhkan. Lebih baik menyetel kecerahan secara manual ke tingkat yang rendah tapi nyaman. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan masa pakai baterai Anda.

  5. Matikan getar
    Matikan getar. Kecuali Anda benar-benar membutuhkan kesadaran tambahan itu, matikan peringatan getaran untuk panggilan masuk. Fitur getar benar-benar membutuhkan lebih banyak kekuatan untuk menggetarkan ponsel Anda daripada meneleponnya. Jika Anda membaca tentang perkembangan teknologi informasi, memang fitur getar ini sangat bermanfaat. Akan tetapi, ini hanya bersifat opsional saja sehingga jika Anda tidak membutuhkannya, maka matikan saja. Baterai akan semakin hemat.

Selain yang sudah disebutkan di atas, jangan lupa untuk matikan data GPS, Bluetooth dan Wi-Fi kapanpun Anda tidak membutuhkannya. Sama halnya dengan teknologi komputer pada umumnya dimana semakin sedikit beban yang harus dijalankan, maka daya baterai yang disimpan juga semakin banyak. Cobalah beberapa tips di atas.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment