Smartphone Mengurangi Kekuatan Otak

Smartphone Mengurangi Kekuatan Otak
Picture From www.dreamstime.com

Kehadiran teknologi tentu bertujuan untuk membuat kita semakin mudah di dalam melakukan berbagai aktivitas. Begitu juga teknologi informasi Smartphone. Namun, yang terjadi, kekuatan fokus otak Anda mungkin berkurang secara signifikan saat Smartphone berada di jangkauan - meskipun dimatikan. Ini karena hal tersebut dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada sebuah tugas. Itulah yang ditemukan oleh para ilmuwan baru-baru ini.


Pekerjaan Terganggu Karena Smartphone

Periset dari Universitas Texas di Austin di AS melakukan eksperimen untuk pertama kalinya dengan hampir 800 pengguna smartphone untuk mengukur seberapa baik orang dapat menyelesaikan tugas saat mereka memiliki Smartphone di sekitar mereka bahkan saat mereka tidak menggunakannya.

Dalam satu percobaan, para peneliti meminta peserta untuk duduk di depan komputer dan melakukan serangkaian tes yang membutuhkan konsentrasi penuh agar bisa melakukannya dengan baik.

Tes tersebut disesuaikan untuk mengukur kapasitas kognitif peserta - yaitu kemampuan otak untuk menahan dan memproses data pada waktu tertentu. Sebelum memulai, peserta secara acak diinstruksikan untuk menempatkan ponsel cerdas mereka di atas meja, ke dalam saku baju atau tas pribadi mereka, atau di ruangan lain. Semua peserta diinstruksikan untuk mengubah ponsel mereka tanpa suara (silent).

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang memiliki telepon yang berada di ruangan lain secara signifikan mengungguli orang-orang yang memiliki telepon yang ditaruh diatas meja kerja, dan mereka juga sedikit mengungguli para peserta yang telah menyimpan ponsel mereka di dalam saku baju atau tas. Temuan menunjukkan bahwa hanya karena kehadiran smartphone seseorang mengurangi kapasitas kognitif yang ada dan mengganggu fungsi kognitif.

Memang kecanggihan teknologi komputer dan informasi yang saat ini seharusnya menjadi alasan tersendiri untuk mengembangkan potensi yang ada. Tetapi tidak semua orang bisa menggunakannya dengan baik. Bahkan dalam percobaan lainnya, terdapat fakta yang lebih mengejutkan lagi dan berpotensi mengurangi kekuatan fokus otak.

Di dalam eksperimen lain, para peserta melakukan serangkaian tes berbasis teknologi komputer yang sama seperti kelompok pertama dan ditugaskan secara acak untuk menjaga agar smartphone mereka terlihat di atas meja, di saku baju atau tas, atau di ruangan lain. Dalam percobaan ini, beberapa peserta juga diinstruksikan untuk mematikan ponsel mereka. Hasilnya sama dengan percobaan sebelumnya.

Memiliki smartphone yang mudah terlihat atau mudah dijangkau mengurangi kemampuan seseorang untuk fokus dan dalam melakukan tugas-tugas lainnya. Para periset juga menemukan bahwa tidak masalah apakah smartphone seseorang dinyalakan atau dimatikan, atau apakah benda itu tergeletak menghadap ke atas atau menghadap ke bawah di atas meja. 

Sehingga memang harus bijak di dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi Smartphone. Jangan hanya karena Smartphone kemudian prestasi dan kreatifitas menurun. Ini informasi penting bagi para orang tua yang secara sembarangan memberikan anak-anak Smartphone. Mereka, anak-anak, bisa terpengaruh sisi kognitifnya.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment