Teknologi IoT Membutuhkan Keamanan

Teknologi Internet of Thing Membutuhkan Keamanan

Pemanfaatan teknologi IoT atau Internet of Things yang semakin luas, membuat adanya sistem keamanan dipandang perlu. Ya, kemajuan teknologi komputer dan informasi melalui IoT menghasilkan sebuah pasar yang dipenuhi oleh ratusan protokol yang membahas aspek ekosistem IoT yang berbeda, mulai dari pengembangan aplikasi hingga komunikasi antar mesin.


Menuju ke Masa Depan yang Aman

Dengan tidak adanya pengawasan nyata yang mengatur pengembangan lebih dari 6 miliar perangkat yang digunakan saat ini, tanggung jawabnya jatuh pada pelanggan perusahaan untuk memastikan ada keamanan yang memadai pada perangkat baru yang ditambahkan ke infrastruktur jaringan mereka. Dan inilah inti permasalahannya. Keamanan merupakan konsep yang relatif baru bagi banyak produsen yang membuat perangkat IoT saat ini.

Namun, tanpa panduan dan praktik yang seragam untuk membimbing mereka, mereka kemungkinan akan menempuh jalan mereka masing-masing seperti memberi dukungan keamanan jangka panjang untuk produk mereka. Dan karena masih belum ada standar de facto, banyak perangkat dari hasil kemajuan teknologi informasi IoT yang menggunakan teknologi proprietary. Akan tetapi, status quo yang terfragmentasi juga menjanjikan lebih banyak kesempatan bagi penjahat dunia maya.

Hal ini dikarenakan perusahaan tidak diwajibkan untuk mematuhi desain keamanan dalam produk mereka. Kita selalu ingat pada setiap kali sebuah insiden baru menunjukkan betapa mudahnya penjahat dunia maya dapat memanfaatkan kelemahan perangkat IoT. Sebagai contoh, industri ini menerima pesan pengingat pada Oktober lalu ketika serangan besar-besaran Mirai DDoS yang mengungkapkan kemampuan hacker untuk mengeksploitasi perangkat IoT sebagai platform untuk meluncurkan serangan cyber yang hebat.

Harus ada Sistem Keamanan IoT

Perbaikan keamanan teknologi komputer IoT dapat menyatukan beberapa praktik yang mengatur perancangan dan implementasi. Meskipun ada seruan agar regulator memainkan peran lebih besar di IoT, sistem keamanan sudah terbentuk di sektor swasta untuk membangun kerangka kerja yang membantu pengembang membangun keamanan ke dalam perangkat IoT mereka.

September lalu, misalnya, Konsorsium Internet Industri mengusulkan serangkaian praktik terbaik sebagai bagian dari kerangka kerja keamanan yang dapat digunakan perusahaan untuk membangun perangkat IoT. Namun, meski bisa mengidentifikasi standar apa yang mungkin dibutuhkan, Konsorsium Internet Industri bukanlah badan standar.

AT & T, IBM, Nokia, Palo Alto Networks, Symantec dan Trustonic pada bulan Februari lalu membentuk sebuah aliansi keamanan di mana mitra pendiri mengumumkan rencana untuk berkolaborasi dalam pekerjaan untuk mempengaruhi pengembangan standar dan kebijakan keamanan IoT. Inisiatif ini masih ada di awal babak awal dan sejarah menunjukkan bahwa pertarungan seperti ini biasanya memerlukan waktu lama untuk diselesaikan.

Ya, kemajuan teknologi informasi dan sistem komputer pada perangkat IoT saat ini bisa dikatakan sudah tidak terbendung. Serangan cyber juga bisa dengan mudah dilakukan oleh hacker. Sistem keamanan sangat dibutuhkan untuk perangkat IoT dan jaringan yang ada. Inilah yang saat ini dibutuhkan untuk era 21.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment