Cara Menghapus Virus dan Malware Di Smartphone Android

Cara Menghapus Virus dan Malware Di Smartphone Android

Mempunyai smartphone Android yang terserang dengan virus dan malware memang membuat sebal hati para pemiliknya. Apalagi virus dan malware ini dapat menimbulkan smartphone Android Anda menjadi amat lemot serta dapat mengganggu aktivitas mobile Anda. Bagaimanakah cara menghapus virus dan malware yang ada di smartphone kita?

Berikut ini ada beberapa cara menghapus virus dan malware dalam smartphone android anda, salah satunya yakni membayar salah satu anti virus demi dapat menghapus virus dan malware tersebut. Akan tetapi, terdapat cara lain yang dapat dipakai tanpa harus membayar serta dengan gampang dapat Anda lakukan sendiri.

Langkah yang pertama cara menghapus virus dan malware, lakukan Boot perangkat Android Anda dalam kondisi Safe Mode. Sebab pada Safe Mode, Anda bisa menonaktifkan seluruh aplikasi pihak ketiga termasuk virus dan malware. Untuk dapat masuk ke Safe Mode, dapat dilakukan dengan menekan tombol "power" untuk reboot Android. Setelah itu bakalan muncul pada layar tulisan "Power Off", lalu tekan lama tulisan ini sehingga muncul pop-up yang menunjukkan untuk reboot ke Safe Mode. Lalu,  Anda dapat memilih 'Ok' pada pop-up tadi.

Akan tetapi, jika malware yang terdapat pada perangkat Android Anda tak memungkinkan menjalankan trik yang di atas. Maka, yang dapat dilakukan yakni dengan melepas baterai untuk perangkat Android serta memasangnya kembali demi melakukan Hard Reset.

Untuk smartphone Android dengan baterai yang tak dapat dilepas, Anda dapat melakukan Hard Reset dengan cara menekan serta tekan tahan tombol "Power" hingga 10 detik. Apabila tak berhasil, coba lakukan dengan menekan tombol "Power" serta tombol "volume" turun hingga 10 detik dengan bersamaan.

Kemudian, ketika perangkat tengah menjalani booting, langkah yang harus dilakukan yakni harus dengan cepat menekan serta menahan kedua tombol 'volume' untuk masuk ke Safe Mode. Akan tetapi, untuk perangkat Android yang lama, Anda dapat menekan tombol 'Menu' untuk smartphone Anda.

Sebelumnya, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana ciri smartphone yang terserang virus dan malware diantaranya adalah adanya iklan pop-up yang tidak jelas yang sangat mengganggu, sering mengirim maupun menerima SMS yang aneh-aneh, baterai smartphone akan terasa lebih cepat habis atau boros dari pada penggunaan biasanya, smartphone menjadi lebih lemot padahal RAM masih lapang serta sedikit aplikasi yang sedang dipakai, kuota anda akan lebih cepat habis, waktu booting lebih lama dari waktu biasanya.

Maka dari itu, setelah anda mengetahui ciri ataupun tanda adanya virus dan malware dalam smartphone anda segeralah lakukan tindakan yang tepat yang dapat mencegah terjadinya virus tersebut menggerogoti smartphone android anda. Di atas telah kami sajikan beberapa cara menghapus virus dan malware dengan mudah yang bisa anda coba.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment