5 Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Dicharge

Cara Mengatasi Smartphone Yang Tidak Bisa Dicharge

Punya smartphone tidak Bisa Dicharge? Handphone ataupun smartphone yang selalu dipakai untuk kerja, chatting, serta aktivitas yang lainnya misalnya saja main game tentunya bakalan cepat menghabiskan baterai. Bahkan meskipun smartphone kamu difasilitasi dengan baterai besar sekalipun, tentunya pernah mengalami kehabisan baterai serta mesti diisi ulang.

Apabila kamu telah memakai smartphone begitu lama, tentunya ada saja masalahnya. Salah satu yang kerap dialami yakni gejala smartphone yang tidak bisa di-charge atau diisi ulang. Namun janganlah membuat anda merasa tidak tenang bahkan galau, ini ada solusi untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa Dicharge

Siapa yang tidak merasa sangat kesal apabila smartphone habis baterai, jika akan dicharge justru tidak mau mengisi baterainya. Apabila anda mengalami seperti ini, silakan mencoba langkah-langkah berikut ini.
  1. Restartlah Smartphone Anda
    Langkah awal yang dapat kamu lakukan yakni dengan melakukan restart smartphone. Cara ini sangat efektif dalam membersihkan cache yang menumpuk di RAM smartphone anda. Sebab bukan tidak mungkin smartphone tidak bisa di-charge hanya gara-gara RAM anda penuh.

  2. Kalibrasi Baterai
    Sudah direstart, namun ternyata justru baterainya bertambah usai direstart? Itu artinya baterai meter smartphone kamu sudah error. Untuk mengatasinya, silakan coba kalibrasi baterai.Dengan mencoba kalibrasi baterai, maka kamu bakalan menstimulasi baterai supaya kembali ke siklus awalnya. Dan juga dengan waktu yang bersamaan juga dapat digunakan untuk me-reset baterai meter smartphone yang sudah error tadinya.

  3. Cek Adapter Charger
    Apabila kamu kerap sekali memakai charger yang bukan bawaan smartphone anda, tentunya pernah mengalami kasus baterai tidak bisa dicharge ataupun diisi ulang. Untuk cara mengatasinya, coba gunakan adapter charger smartphone bawaan. Apabila masih gagal, coba untuk mengganti adapter charger smartphone anda dengan yang Ampere-nya lebih besar lagi.

  4. Cek Port USB di Smartphone
    Debu yang sangat menumpuk atau posisi port USB yang longgar juga dapat jadi penyebab smartphone tidak bisa dicharge. Solusinya, silakan anda coba tiup port USB smartphone. Anda juga dapat mendorongnya memakai tusuk gigi maupun lidi untuk mengembalikan posisi port USB ke semula apabila longgar.

  5. Sumber Daya
    Pastikan sumber daya yang anda pakai untuk mengisi smartphone anda memang memadai. Apabila ternyata lebih rendah ketimbang angka yang tertera pada adapter, wajar apabila smartphone tidak bisa di-charge. Mengisi ulang smartphone dengan sumber daya yang lebih rendah bakalan menjadikan baterai smartphone cepat mengalami kerusakan. Makanya, kurang-kurangin mengisi ulang smartphone melalui laptop maupun komputer.
Itulah beberapa tips yang dapat kami sampaikan untuk mengatasi smartphone tidak bisa dicharge semoga bermanfaat untuk anda. Silahkan mencoba cara diatas apabila hal menyebalkan ini terjadi pada smartphone milik anda.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment