Charging Smartphone Hitungan Detik

Charging Smartphone Hitungan Detik
Picture from www.samsung.com/id/mobile

Kini, untuk bisa mengisi daya baterai Smartphone Anda hanya dalam sekejap hampir mendekati kenyataan. Ya, perkembangan teknologi informasi Smartphone terus mengalami inovasi untuk memudahkan penggunanya di dalam berkomunikasi. Dengan teknologi terbaru, Smartphone kini bisa diisi baterainya hanya dalam hitungan detik saja, bukan menit apalagi jam. Simak ulasannya berikut ini.

Charging Smartphone Hitungan Detik

Di dalam Smarpthone sebenarnya tidak hanya berisi tentang teknologi informasi melainkan juga teknologi komputer karena smartphone juga memiliki perangkat dan sistem yang tidak jauh berbeda dengan komputer. Hanya saja smartphone lebih fleksibel. Untuk urusan baterai, bahkan kini sudah ada penemuan baru dengan desain elektroda baterai baru dari bahan dua dimensi konduktif yang sangat baik yang disebut Mxene yang dapat membuka jalan untuk mengisi daya smartphone hanya dalam beberapa detik.

Desainnya, yang dijelaskan dalam jurnal Nature Energy, bisa membuat perangkat penyimpan energi seperti baterai, yang dipandang sebagai tempat penyimpan energi bisa menjadi sangat cepat sehingga mudah digunakan untuk menyediakan energi dalam keadaan darurat. Teknologi ini tentu akan sangat diminati pasar dan bisa menjadi penggerak teknologi informasi yang lebih maju lagi ke depannya. Bisa dibayangkan jika semua Smartphone atau teknologi lainnya menggunakan baterai yang super cepat pengisiannya.

"Hasil studi ini menolak dogma yang diterima secara luas bahwa penyimpanan muatan kimiawi, yang digunakan pada baterai dan pseudocapacitors, selalu jauh lebih lambat daripada penyimpanan fisik yang digunakan pada kapasitor lapisan ganda listrik, yang juga dikenal sebagai supercapacitors," kata pemimpin peneliti Yury Gogotsi, Profesor di Drexel University Di Philadelphia, Pennsylvania, AS.

"Kami menunjukkan pengisian elektroda MXene tipis dalam puluhan milidetik, ini diaktifkan dengan konduktivitas elektronik MXene yang sangat tinggi. Ini akan membuka jalan untuk pengembangan perangkat penyimpanan energi yang sangat cepat daripada yang dapat diisi dalam hitungan detik, namun menghemat lebih banyak energi daripada Supercapacitors konvensional, "tambah Gogotsi.

Kunci untuk lebih cepat mengisi perangkat penyimpanan energi ada pada desain elektroda. Elektroda adalah komponen penting dari baterai, di mana energi tersimpan saat pengisian dan dari mana ia dialirkan untuk menyalakan perangkat kita. Jadi desain ideal untuk komponen ini akan menjadi salah satu yang memungkinkan mereka untuk cepat terisi dan menyimpan lebih banyak energi.

Manfaat menyeluruh menggunakan MXene sebagai bahan untuk desain elektroda adalah konduktivitasnya. "Jika kita mulai menggunakan bahan berdimensi rendah dan melakukan elektronika sebagai elektroda baterai, kita bisa membuat baterai bekerja lebih banyak, jauh lebih cepat daripada hari ini," kata Gogotsi.

"Apresiasi terhadap fakta ini akan membawa kita ke baterai mobil, laptop (bisa menjadi pemicu perkembangan dari teknologi komputer), dan ponsel yang bisa melakukan pengisian pada tingkat yang jauh lebih tinggi - detik atau menit, bukan berjam-jam," tambah Gogotsi. Ini tentu sangat mengagumkan jika terjadi. Bersiap-siaplah mengisi baterai hanya dengan hitungan detik.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment