Cara Mengatasi Masalah Black Screen Smartphone

Cara Mengatasi Masalah Black Screen Smartphone
Picture from Shiftdelete.net

Sering disebut sebagai "layar hitam" atau black screen. Masalah tersebut tidak hanya terjadi pada perangkat komputer seperti Windows walau sudah menerapkan teknologi komputer terbaru, tetapi juga pada ponsel pintar Anda. Hal ini bisa saja terjadi dan jarang Anda akan mendapatkan solusinya. Nah, Anda beruntung berada di sini karena paling tidak ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah black screen ini. Berikut ulasannya.

Restart dan Lakukan Recovery Mode

Skenario yang khas didalam mengatasi masalah black screen ini tentu melibatkan Anda untuk melakukan reboot atau restart. Nah, ketika proses reboot, maka logo produsen atau Android muncul di layar, sebuah tombol mungkin berkedip dan tidak ada yang lain kecuali layar hitam. Intinya, ini berarti perangkat terkena masalah serius dan tidak bisa memuat sistem operasi. Jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda memanfaatkan teknologi informasi dengan perangkat lain, maka Anda akan mengetahui bahwa solusi dari masalah ini adalah dengan melakukan reboot ke Recovery Mode atau mode pemulihan. Reboot ke mode pemulihan dapat memperbaiki masalah layar hitam pada ponsel Anda. Nah, berikut cara melakukan recovery mode.

  1. Matikan Perangkat
  2. Tekan dan tahan tombol volume dan power sampai layar Android System Recovery muncul
  3. Navigasikan dengan menggunakan tombol volume dan pilih menggunakan tombol daya.
  4. Pilih Wipe cache partition dan biarkan selesai.
  5. Perangkat seharusnya reboot secara otomatis atau pilih opsi reboot jika tidak
Dalam sebagian besar kasus termasuk juga pada komputer dengan teknologi komputer yang canggih, langkah ini telah menyelesaikan permasalahan layar hitam pada komputer, laptop, tablet atau ponsel pintar Anda. Hal ini biasanya mengindikasikan adanya sebuah aplikasi yang menyebabkan masalah stabilitas. Jika ini yang terjadi pada Anda, mulailah mengatasi masalah aplikasi dengan menonaktifkan atau mencopot pemasangannya sampai perangkat berfungsi normal kembali.

Lakukan Factory Reset

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, satu-satunya pilihan lain untuk memperbaiki layar hitam setelah menyalakan perangkat Android adalah reset ke setting pabrikan. Ini akan menghapus semua data pribadi Anda termasuk juga aplikasi yang sudah Anda install dan unduh. Jadi sebaiknya hanya dicoba sebagai upaya terakhir dan setelah mencadangkan data Anda jika masih memungkinkan.

Untuk lakukan factory reset, ikuti langkah berikut

  1. Matikan perangkat.
  2. Tekan dan tahan tombol volume dan power sampai layar Android System Recovery muncul.
  3. Navigasikan dengan menggunakan tombol volume dan pilih menggunakan tombol daya.
  4. Pilih Wipe data / factory reset dan confirm.
  5. Perangkat harus secara otomatis melakukan reboot atau memilih opsi reboot jika tidak.
Jika langkah terakhir ini gagal, kemungkinan masalah perangkat keras dan Anda harus mengikutinya dengan penyedia Anda. Nah, manfaatkanlah teknologi informasi yang ada dengan sebaiknya termasuk untuk mencari masalah dan solusi yang terjadi dengan perangkat Anda. Jangan lupa untuk mendapatkan layanan dari teknisi resmi dan hardware yang resmi.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment