Tips Atasi Touchscreen Android yang Tidak Responsive

Tips Atasi Touchscreen Android yang Tidak Responsive
Picture from www.shutterstock.com

Pihak pengembang smartphone sudah menerapkan kecanggihan berbagai macam teknologi untuk kualitas smartphone yang hebat. Salah satunya tentu adanya teknologi informasi yang sangat mudah diakses. Akan tetapi, bisa saja karena masalah pada layar sentuh ponsel, Anda tidak bisa menggunakan ponsel dengan baik dan mengakses informasi yang ada.

Atasi Masalah Touchscreen Android

Jika layar sentuh Anda tidak mengalami kerusakan fisik namun tiba-tiba berhenti merespons sentuhan, lakukan tips berikut
  1. Restart Android
    Sebelum bergegas masuk ke prosedur pemecahan masalah lainnya, restart ponsel atau tablet Android Anda untuk memperbaiki gangguan software yang dapat mencegah layar tidak berfungsi. Secanggih apapun teknologi komputer yang terpasang di dalamnya, masalah touchscreen ini bisa terjadi dan terkadang solusinya sangat sederhana, hanya perlu di-restart saja. Jika belum berhasil, coba cara lain di bawah.

  2. Keluarkan Kartu Memori & Kartu SIM
    Terkadang, kartu memori atau kartu SIM harus disalahkan. Karena itu, matikan perangkat Anda dan lepas kartu memori & SIM Anda. Setelah itu, cobalah untuk reboot atau restart ponsel Anda dan lihat apakah masalahnya hilang atau tidak. Jika masih belum, coba cara lainnya.

  3. Pasang Perangkat dalam Safe Mode
    Aplikasi pihak ketiga yang rusak dapat menyebabkan masalah layar sentuh pada ponsel atau tablet Android. Di bawah Safe Mode, semua aplikasi pihak ketiga yang Anda unduh akan dinonaktifkan. Jadi jika layar sentuh bekerja dengan baik dalam mode Aman tersebut. Adanya teknologi informasi saat ini, seharusnya tidak membuat Anda sulit untuk mengetahui bagaimana menyalakan fitur Safe Mode di perangkat Anda.

  4. Reset ke Factory Setting
    Jika cara di atas belum juga berhasil dan layar sentuh benar-benar tidak responsif, setting-an pihak yang mengatur ulang perangkat Anda di Recovery Mode dapat membantu. Namun, ini akan menghapus semua data di perangkat Android Anda, termasuk aplikasi unduhan, foto, pesan, kontak, dll. Oleh karena itu, gunakan ini sebagai upaya terakhir dan jika mungkin lakukan back up terlebih dahulu.

  5. Kalibrasi Layar Sentuh di Android dengan Apps
    Ada aplikasi di Google Play Store yang dapat mengkalibrasi layar sentuh ponsel / tablet dan meningkatkan keakuratan dan daya tanggapnya. Aplikasi ini sangat membantu jika layar sentuh Anda merespons terlalu lambat atau tidak akurat. Ketik "kalibrasi layar sentuh" pada bilah penelusuran di Play Store dan Anda akan mendapatkan beberapa hasil. Baca ulasannya dengan seksama sebelum mendownload.

Jika semua cara di atas belum juga berhasil, besar kemungkinan dikarenakan adanya kerusakan hardware. Untuk itu, secanggih apapun teknologi komputer dan informasi yang ada di dalam ponsel Anda, jika hardware yang sudah rusak, maka solusinya adalah harus diganti dengan yang baru atau diperbaiki terlebih dahulu. Pastikan memperbaiki atau menggantinya dengan teknisi dan hardware resmi.

Jika terdapat pertanyaan, kritik, dan saran silahkan tulis komentar di bawah ini.

Click to comment